Trik Kehidupan Agar Selalu Makan Gratis

Trik Kehidupan Agar Selalu Makan Gratis

Infogratisdunia.web.id – Biaya makan harian Anda sebagai siswa biasanya rata-rata Rp. 8.500 per makan: di stand makanan Burjo dengan telur, nasi dan meminumnya. Ini berarti bahwa setiap bulan Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 765.000 untuk makan jika Anda makan tiga kali sehari dengan harga yang sama.

Biaya makan yang segitu mungkin bisa kamu hemat lagi dengan cara makan dua kali sehari atau beli mie instan berkerdus – kerdus untuk persediaan dikala lapar mengancam. Tapi masih ada cara lain nih untuk menghemat uang makanmu yang lebih asik dan lebih enak daripada makanmu sehari – hari dengan cara mencari makan gratis. Berikut 6 cara mendapatkan makan gratis yang dapat kamu praktekan, mumpung masih mahasiswa.

Kamu bisa makan gratis sekaligus tambah ilmu. Caranya, rajin-rajin ikut seminar dan workshop gratis di kampusmu!
Selain untuk update status sering – seringlah gunakan gadgetmu untuk mencari info mengenai seminar, workshop, pelatihan, atau acara gratis lainnya di daerah atau kampusmu. Carilah yang ada fasilitas makannya, entah itu melalui Google, WA, Twitter, Facebook, atau media sosial lainnya. Bisa juga sering – sering stalking papan pengumuman atau website kampus sendiri atau kampus tetangga. Syukur – syukur kamu tergabung di grup yang saling share info – info mengenai itu semua jadi kamu enggak perlu susah – susah untuk mencarinya.

Biasanya acara gratis itu ada yang memiliki banyak fasilitas salah satunya makan, kalau beruntung bisa dapat acara gratisnya di hotel berbintang dan disediakan makan sepuasnya disana. Selain makan gratis kamu juga akan mendapat berbagai macam ilmu yang tidak kamu dapatkan di dalam jurusanmu, dan bisa mendapat fasilitas lainnya seperti goodie bag, buku, kadang kalau lagi beruntung ada uang sakunya juga lho. Jadi kalau ada acara itu rajin – rajinlah mendaftar.

Merapat aja ke Balai Latihan Kerja di kotamu. Selain dapat pelajaran baru, kamu punya kesempatan buat mengisi perutmu.
Jika kuliahmu tidak terlalu padat bisa gunakan waktu senggangmu untuk ikut pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK). Biasanya BLK ada di tingkat kabupaten,kota sampai tingkat provinsi di Indonesia, jika di D. I. Yogyakarta ada yang namanya BLKPP DIY tempatnya di samping pasar pingit Yogyakarta misalnya.

Program BLK dari Kementrian Ketenagakerjaan alias programnya pemerintah, biasanya buka pelatihan setahun tiga kali dengan memakai dana APBD/APBN. Seperti pelatihan bahasa Inggris, bahasa Jepang, las, perhotelan, jahit, atau masak. Yang dilaksanakan selama beberapa minggu setiap pelatihannya dan itu semuanya gratis, sudah gratis kadang di kasih uang transport atau makan siang. Jika kamu ingin tahu kapan dibuka pelatihannya rajin – rajinlah berkunjung dan bertanya atau membaca papan pengumumannya di kantor BLK di daerahmu untuk update informasi terkini. Tak cuma makan saja yang kamu dapat gratis tapi ilmu dan pengalaman baru juga akan kamu dapatkan.

Baca juga : Cara Gratis dan Kelebihan membuat Website dengan WordPress

Tambah pengalaman sekaligus perut kenyang dengan menjadi relawan atau panitia event di daerahmu.
Masih ada hubungannya soal update – update info nih, nah kamu bisa juga rajin mencari info soal oprec panitia atau relawan di media sosialmu. Contoh di Jogja biasanya setiap tahun akan ada event tahunan yang butuh relawan atau panitia tambahan seperti Festival Kesenian Yogyakarta, JAFF, JIHW, dan masih banyak lagi. Bisa juga ada Event Organizer yang mencari tambahan personil untuk menyukseskan acaranya. Iseng – iseng aja cari, misal searching di Twitter Oprec Volunteer / Daftar Relawan / Daftar Volunteer/ Daftar Panitia. Selain mencari bisa juga rajin bertanya jika ada event berbayar di kotamu, di akun officialnya atau CPnya.

Kamu juga bisa cari di kampusmu dengan rajin stalking papan pengumuman atau websitenya, kadang – kadang ada kok recruitment jadi panitia entah itu seminar, job fair, ospek dan masih banyak lagi. Jangan sungkan – sungkan untuk menawarkan tenagamu jika ada event di daerahmu atau di kampusmu. Biasanya dapat makan juga lho selama acara berlangsung, keuntungan lainnya jika event itu berbayar kamu bisa ikut dengan cuma – cuma. Kalau acaranya besar di hotel selama beberapa hari, kamu juga bisa ikut merasakan tidur di hotel dan makan sepuasnya dengan gratis tentunya. Jika itu event tahunan yang kamu ikuti selain makan pas acaranya, ada juga makan sepuasnya ketika pembubaran panitianya.

Selain makan Cuma – Cuma yang kamu dapat, CVmu juga akan semakin berwarna dengan pengalamanmu itu dan koleksi sertifikatmu juga akan makin banyak. Ayo tunggu apalagi.

Kamu bisa ikut event donor darah. Selain dapat makan gratis, tubuhmu juga lebih sehat kalau rutin menyumbang darah.
Badanmu sehat, darahmu normal enggak darah rendah, dan darah tinggi, beratmu minimal 50 kg. Jika iya kamu bisa kok mencoba untuk ikutan event donor darah di daerahmu. Kalau mau ikutan donor darah jangan lupa ya di banyakin minum air putih sebelumnya dan jangan minum kopi dahulu sebelumnya terus tidur yang cukup minimal selama empat jam.

Jika itu kamu lakukan maka darahmu tidak terlalu mengental dan memudahkanmu untuk donor darah. Donor darah tentunya bermanfaat bagi kesehatanmu seperti membantu membakar kalori dan mengurangi risiko penyakit jantung, selain itu juga akan membantu menyelamatkan nyawa orang lain.

Jadi jangan ragu lagi untuk berdonor darah kalau ada event donor darah di kotamu, biasanya jika yang menyelenggarakan instansi atau perusahaan ada lho fasilitas makannya dan bahkan ada hadiahnya juga.

Rajin daftar jadi duta atau pemilihan wakil pemuda, lolos enggaknya itu urusan belakang yang penting perut kenyang.
Selain update info mengenai event, kamu perlu juga update info mengenai pemilihan duta atau wakil pemuda. Misal setiap tahunnya mesti ada pemilihan Kapal Pemuda Nusantara yang dilakukan Dinas pemuda dan olahraga di setiap daerah. Dan masih banyak lagi pemilihan semacam itu. Kamu bisa daftar tuh pemilihan – pemilihan itu semua, tujuanmu enggak harus menang tapi masuk seleksi saja biasa dikasih makan Cuma – Cuma, lumayankan hemat uang jajan. Syukur – syukur bisa lolos dan menjadi dutanya atau mewakili daerahmu.

Amati gedung serbaguna kampusmu, kalau ada nikahan datangi aja walaupun tanpa diundang.
Kamu juga bisa ikut kondangan walaupun tanpa diundang, tapi cara ini perlu mental yang tangguh, butuh keberanian untuk melakukannya. Kalau melakukannya jangan lupa bawa amplop walaupun isinya sekedar ucapan selamat dan jangan lupa pakaianmu harus rapi. Cara ini ampuh untuk bisa dapat makan enak, sepuasnya, dan Cuma – Cuma.

Itu merupakan beberapa tips untuk dapat makan gratis walaupun gratis tapi butuh usaha, persaingan, dan keberanian juga untuk mendapatkannya. Apakah kamu punya cara lain untuk dapat makan gratis agar menghemat uang jajanmu?

Related posts