Destinasi Wisata Gratis di Yogyakarta

Destinasi Wisata Gratis di Yogyakarta

Infogratisdunia.web.id – Yogyakarta punya segudang tempat wisata, mulai dari yang sarat sejarah, edukatif, hingga kekinian. Semua kalangan bisa liburan di sini dengan nyaman. Harganya pun relatif murah, bahkan ada beberapa yang gratis. Nah, bagi kalian yang penasaran dimana saja letak destinasi wisata yang gratis dikota jogja ini silahkan simak artikel yang akan kita bahas ini. Berikut beberapa tempat wisata gratis di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi bersama orang orang terdekatmu.

1. Tugu Yogyakarta
Tak jauh dari kawasan Malioboro dan stasiun kereta api, kamu bisa ke sini dengan berjalan kaki. Dulunya monumen ini digunakan Sultan Yogyakarta sebagai patokan arah menghadap puncak Gunung Merapi.

Tugu Yogyakarta juga kerap disebut dengan Tugu Pal Putih. Biasanya, orang-orang paling senang datang ke sini saat malam hari.

Lokasi: Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta

Jam operasional: 24 jam

2. Jalan Malioboro
Jalan Malioboro selalu menjadi tempat berkumpulnya wisatawan di Yogyakarta. Tempat ini identik untuk mencari berbagai buah tangan. Ada batik, bakpia, makanan khas, hingga jalan-jalan naik kuda atau becak pun bisa ditemukan di sini.

Lokasi: Jalan Malioboro

Jam operasional: 24 jam

3. Titik Nol Yogyakarta
Titik Nol Yogyakarta telah menjadi wisata kekinian yang semakin menyenangkan. Fasilitasnya juga sudah mulai ditingkatkan, ada tempat duduk, halte bus, marka jalan, dan kondisi jalannya. Asyiknya lagi, kamu bisa menikmati berbagai pertunjukan seni dengan gratis di sini.

Lokasi: Jalan Pangurakan Nomor 1, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan

Jam operasional: 24 jam

4. Alun-alun Kidul
Alun-alun Kidul alias Alkid bisa menjadi alternatif hiburan malam yang murah meriah. Kamu bisa melakukan banyak hal menyenangkan di sini. Mulai dari wisata kuliner, bermain mobil kayuh, hingga ritual masangin.

Meski sekadar mitos, tetap banyak orang penasaran dan mencoba berjalan di antara dua beringin dengan mata tertutup.

Lokasi: Jalan Alun-alun Kidul, Patehan, Kecamatan Keraton

Jam operasional: 24 jam

5. Bukit Bintang
Bukit Bintang menawarkan pemandangan yang menarik. Kamu bisa menikmati pesona kecantikan Yogyakarta dari atas bukit. Sesekali akan ada pesawat yang terlihat take off atau landing dari Bandara Adisucipto.

Saat malam, Bukit Bintang akan membuatmu takjub dengan citylight Yogyakarta. Keberadaanmu pun seakan dekat dengan gugusan bintang.

Lokasi: Area Kebun, Srimulyo, Patuk, Gunung Kidul

Jam operasional: 24 jam

Baca Juga : Destinasi Wisata Gratis diMuseum Kota Surabaya

6. Studio Gamplong
Bagi penggemar film, ada baiknya kamu berkunjung ke Studi Gamplong. Tempat yang dibangun Hanung Bramantyo ini pernah menjadi lokasi syuting film Bumi Manusia dan Sultan Agung:The Untold Love Story.

Berada di lahan seluas dua hektare, Studio Gamplong terdiri dari banyak bangunan semi permanen untuk kebutuhan syuting, seperti pendopo, gerbang, keraton, benteng, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lokasi: Studio Alam Desa Wisata Gamplong, Jalan Gamplong Nomor 1

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-22.00

7. Museum Istana Kepresidenan Yogyakarta
Museum dua lantai ini lebih dikenal masyarakat setempat dengan nama Gedung Agung. Beragam koleksi kepresidenan dipamerkan di sini, seperti foto, lukisan, guci, hingga cenderamata dari berbagai negara.

Kalau mau ke sini, kamu harus memakai pakaian rapi, sopan, dan bersepatu. Kalau datang rombongan, kamu harus membuat surat izin dan permohonan terlebih dahulu.

Lokasi: Jalan Ahmad Yani, Ngupasan, Gondomanan

Jam operasional:

Senin-Kamis pukul 08.00-14.00
Jam istirahat pukul 12.00-13.00

Related posts