Destinasi Tempat Wisata Gratis di Penang Malaysia

Destinasi Tempat Wisata Gratis di Penang Malaysia

Infogratisdunia.web.id – Malaysia merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang lokasinya bertetangga dengan Indonesia. Gak heran kalau banyak warga Indonesia yang menghabiskan liburannya ke Negara Jiran tersebut. Selain Kuala Lumpur, sebenarnya ada banyak daerah di Malaysia yang memiliki wisata terkenal. Salah satunya adalah daerah Penang.

Penang merupakan sebuah pulau yang terletak di barat laut Semenanjung Malaysia. Daya tarik pulau ini adalah kombinasi luar biasa antara budaya Melayu, China, India, dan juga pengaruh Eropa. Selain itu, banyak di antara wisata pulau Penang yang biaya masuknya free atau gratis! Berikut ada beberapa tempat wisata gratis di Penang Malaysia. Kira-kira ada wisata menarik apa saja?

1. Penang Hill
Tempat wisata gratis pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Penang Hill atau Bukit Penang. Tempat ini sudah seperti ikon wisata dari pulau Penang. Bukit ini sebenarnya tidak terlalu tinggi. Namun ketinggian tersebut bisa membuatmu melihat kota Penang dari atas.

Hal yang menarik di sini adalah adanya kereta miring yang mendaki bukit. Kereta tersebut yang akan membawamu hingga ke puncak bukit. Kalau kamu mengunjungi Bukit Penang antara tanggal 18 hingga 21 Juli 2019, maka bisa menikmati Penang Hill Festival.

2. Penang Botanical Garden
Penang Botanical Garden ini sering mendapat julukan taman air terjun. Hal tersebut dikarenakan taman ini memiliki sebuah air terjun kecil yang berada tidak jauh dari tempat tersebut. Taman ini dibangun pada tahun 1884 ketika zaman kolonial Inggris.

Di taman ini, kamu akan menjumpai berbagai spesies tanaman lokal Malaysia. Salah satu yang paling menarik adalah tanaman anggrek di dalam orchidarium. Selain itu, kamu juga bisa menjumpai monyet-monyet liar lho! Untuk tiket masuknya gratis.

3. Pantai Tanjung Bungah
Letak pantai ini paling dekat dengan pusat kota. Pantai Tanjung Bungah memiliki banyak hotel di tepinya. Salah satu kelebihan pantai ini adalah adanya teluk-teluk kecil dengan tebing tajam atau batu besar di atasnya.

Untuk menuju pantai ini, kamu bisa naik semua bus dari George Town yang perhentian terakhirnya di Teluk Bahang. Bus tersebut akan melewati Tanjung Bungah. Pantai Tanjung Bungah ini terbuka untuk umum dan gratis!

4. Street Art
Kalau kamu cari tempat wisata yang instagramable, maka wajib mengunjungi street art yang berada di George Town. Beberapa tahun terakhir pemerintah setempat mendirikan kembali George Town sebagai pusat utama bagi seni dan budaya.

Lukisan-lukisan yang ada di sini bahkan dibuat oleh seniman besar, seperti seperti Ernest Zacharevic, Louis Gan, Rone, dan Kenji Chai. Kerennya, kamu gak perlu mengeluarkan uang untuk bisa berfoto ria di tempat ini lho!

Baca Juga : Destinasi Tempat Wisata Gratis di Singapura

5. Avatar Secret Garden
Penang memang begitu terkenal dengan street art yang berada di kawasan George Town. Ada lagi nih tempat instagramable lainnya yang bisa kamu tuju, yaitu Avatar Secret Garden. Kamu akan dibuat takjub dengan lampu-lampu yang dipasang pada pepohohan di taman ini.

Pemandangan seperti ini akan mengingatkan dengan suasana hutan di dalam film Avatar. Karena itulah tempat ini dinamakan Avatar Secret Garden. Datanglah saat malam hari sehingga bisa menikmati kerlap-kerlipnya dengan maksimal.

6. Kuil Kek Lok Si
Jika pergi ke Penang, wajib hukumnya mengunjungi kuil yang satu ini. Kek Lok Si berdiri di lereng bukit dan sering disebut sebagai kuil Buddha paling indah di Asia Tenggara. Ciri khas dari kuil ini adalah sepuluh ribu menara Buddha atau yang disebut Ban Po Thar.

Kompleks kuil terdiri atas beberapa aula lebar untuk sembahyang dan berkumpul. Cara yang paling mudah menuju kuil ini adalah menggunakan bus Rapid Penang nomor 203 dari KOMTAR. Kamu juga gak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuknya.

7. Snake Temple
Kuil ini dibangun pada tahun 1850 sebagai bentuk penghormatan kepada biksu Chor Soo Kong. Bernama kuil ular karena di lokasi tempat tersebut banyak terdapat ular berbisa. Bahkan kamu juga bisa mengunjungi museum ular yang masih satu kawasan dengan kuil ini.

Namun untuk memasuki museumnya, kamu harus membayar tiket masuknya. Tapi kalau kamu hanya ingin menikmati keindahan arsitektur kuil ularnya saja, gak perlu bayar! Kuil ular ini berlokasi di Bayan Lapas.

Related posts