Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

infogratisdunia.web.id – Cara Membuat Blog Gratis di Blogger, Blogging adalah kegiatan yang semakin banyak digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini. Semakin banyak blogger baru yang bermunculan dengan topik dan gaya tulisan yang berbeda-beda.

Untuk membuat blog, sebenarnya ada banyak sekali platform yang bisa kita gunakan, seperti: WordPress, Tumblr, Blogger, Weebly, Webs, Jigsy, dan masih banyak lagi. Namun, saya perhatikan kebanyakan blogger Indonesia menggunakan WordPress dan Blogger (blogspot). Karena itu saya akan membahas sedikit tentang cara buat blog di kedua platform ini.

Baca juga : Kuliah Gratis di Norwegia

Oh ya, Saya membuat artikel ini khusus untuk teman-teman yang belum mengerti cara membuat blog, baik itu di WordPress ataupun di Blogger. Jadi, kalau Anda sudah mengerti caranya, menurut saya tidak perlu membaca artikel ini lagi. Nah, untuk teman-teman yang belum mengerti cara buat blog di WP atau Blogger silahkan lanjutkan membaca.

Sebelumnya, saya beri tahu dulu bahwa kedua layanan ini, WordPress dan Blogger – memberikan layanan gratis untuk membuat blog. Namun, walaupun keduanya memberikan layanan gratis untuk blogging, kedua platform ini memiliki perbedaan satu sama lain. Nah, pelajari dulu apa saja kelebihan dan kekurangan kedua platform ini agar mengetahui platform mana yang paling cocok dengan Anda.

Blogger.com (Blogspot)
Blogger.com adalah platform blogging gratisan milik Google. Anda bisa membuat blog dengan gratis di blogger, baik itu menggunakan subdomain dan hosting gratis ataupun menggunakan domain sendiri dengan hosting gratis di blogger. Nah, artikel ini akan membahas cara membuat blog di Blogspot dengan subdomain dan hosting gratis dari Blogger.com.

Sebelum membuat blog di blogger, saya menyarankan Anda untuk memiliki akun email di Google mail (gratis). Ini akan memudahkan proses pembuatan blog Anda. Kalau Anda belum mengerti cara membuat email, bisa membaca postingan saya sebelumnya tentang cara membuat email. Kalau Anda sudah punya akun email di Gmail, langsung saja mengikuti proses membuat blog di blogspot, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama adalah membuka situs Blogger.com, klik link berikut untuk membuka Blooger berbahasa Indonesia di browser Anda Blogger.com
  2. Pada halaman Blogger.com klik tombol “Buat Blog” atau tombol “Masuk”. Anda akan di arahkan ke halaman untuk masuk ke akun Google. Masukkan alamat emai Gmail ke kolom yang sudah disediakan, lalu klik tombol Berikutnya.
  3. Masukkan password email Anda, ke kolom yang di sediakan. Klik tombol Berikutnya
  4. Jika Anda baru pertamakali membuat blog di Blogger, maka Anda harus memilih profil akun Google yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan akun Blogger biasa ataupun akun Google+. Di artikel ini saya menganjurkan untuk menggunakan akun Google+, klik tombol Buat Profil Google+
  5. Formulir isian profil Google+ Anda akan terisi secara otomotis. Jika ada ingin mengubah data diri, misalnya mengubah nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir, Anda bisa mengubahnya di halaman ini. Jika sudah selesai mengedit, klik BUAT PROFILE.
  6. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya di mana Anda bisa menambahkan foto profil untuk akun Google Anda. Bila tidak ingin menambahkan foto, maka Anda tinggal klik LEWATI.
    Tapi bila Anda ingin menambahkan gambar profile, maka Anda bisa klik logo Kamera pada halaman tersebut, lalu upload gambar. Setelah proses upload gambar selesai, klik tombol SIMPAN.
  7. Saat ini Anda sudah selesai membuat akun Google+ Anda. Selanjutnya Anda klik Lanjutkan ke Blogger
  8. Untuk mulai membuat blog baru Anda, klik tombol BUAT BLOG BARU

Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya di mana Anda bisa memasukkan “Judul Blog”, menentukan nama/ alamat subdomainnya, dan memilih Tema blog Anda.

  • Pada bagian Judul, silahkan isi dengan Judul Blog Anda, misalnya “Belajar Membuat Blog”
  • Pada bagian Alamat, silahkan isi dengan alamat URL blog Anda, misalnya “maxbikinblog.blogspot.com”
  • Pada bagian Tema, Anda bisa memilih salah satu tema standar yang disediakan oleh Blogger.

Setelah semua diisi, silahkan klik tombol Buat Blog

Sampai di sini Anda sudah memiliki blog baru. Tapi sebenarnya ini belum selesai, selanjutnya Anda harus melakukan beberapa pengaturan dan mempelajari beberapa navigasi di halaman kerja Blogger.

Related posts